Header Ads


PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS SISWA

PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS SISWA
A.     Penjelasan Umum
Lulusan Sekolah Kejuruan dituntut untuk memiliki knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill.Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya ketrampilan dalam mengembangkan pemikiran  siswa. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati bangku pendidikan. Kreativitas merupakan jelmaan integratif 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, pesepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar siswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Siswa (PROKSI).

PROKSI merupakan merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya. PROKSI juga merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk meningkatkan mutu peserta didik (siswa) di SMK Walisongo serta mengantarkan siswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif. Siswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni atau kemampuan yang dimiliki.

B.     Tahap Penulisan Program Kreativitas Siswa
B.1  Ketentuan dan Syarat Penulisan Usulan Program

1.      Peserta PROKSI adalah kelompok siswa yang sedang aktif di SMK Wlisongo Pecangaan
2.      Kelompok PROKSI hanya dalam satu jurusan yang sama
3.      Setiap kelompok maksimal tiga siswa
4.      Kulit muka atau sampul masing – masing jurusan berbeda
a.      Jurusan KT ( Kriya Tekstil ) berwarna Kuning
b.      Jurusan TKR  berwarna Hijau
c.       Jurusan TKJ berwarna Biru
5.      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas
6.      Tulisan memakai fonts times new roman dengan ukuran 12 dan spasi 1,5
7.      Kulit muka harus sesuai contoh yang diberikan
8.      Struktur usulan PROKSI secara berurutan disusun sebagai berikut:

A. HALAMAN KULIT MUKA
B. HALAMAN PENGESAHAN
C. LATARBELAKANG MASALAH
D. PERUMUSAN MASALAH
E. TUJUAN
F. LUARAN YANG DIHARAPKAN
G. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
H. METODE PELAKSANAAN
I. RANCANGAN BIAYA
J. DAFTAR PUSTAKA (kalau ada)
K. LAMPIRAN BIODATA KETUA serta ANGGOTA KELOMPOK

B.2  Usulan Program diwajibkan memuat Halaman pengesahan dengan format sebagai berikut:

1. Judul Kegiatan :
2. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap :
c. Jurusan :
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
f. Alamat email :
3. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis:  orang
4. Anggota Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap :
c. Jurusan :
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
f. Alamat email :

            Halaman pengesahan disahkan oleh guru pengampu mata pelajaran kewirausahaan serta sekaligus sebagai seleksi diterima usulan atau tidak di danai.




 Ditulis Oleh
M. Abdurrahman, SE